Karakter dalam Film (Bagian 2)

Katniss Everdeen - The Hunger Games

Oleh: Melody Muchransyah

Karakter dalam Film (Bagian 2). Untuk karakter dalam film point [a] dan [b], dapat dilihat di postingan sebelumnya di Karakter dalam Film (Bagian 1).

c. Character Breakdown
Sebelum menulis skenario, penulis biasanya membuat daftar karakteristik dari karakter-karakter yang akan muncul di dalam cerita. Ini yang disebut dengan Character Breakdown. Formatnya bisa bermacam-macam, namun biasanya ditulis dengan format standar sebagai berikut: Nama (Umur/Jenis Kelamin) yang diikut dengan deskripsi karakter. Nama karakter adalah hal terpenting, sebab ia memberitahu siapa yang sedang berada di dalam sebuah scene di skenario kita kelak, baik dengan dialog atau tidak. Yang perlu diingat adalah untuk selalu konsisten dengan nama yang dipilih. Jangan menamai seseorang Justin di scene 1, lalu memanggil dia Pak Bieber di scene 10, walaupun namanya adalah Pak Justin Bieber. Apabila terdapat flashback di dalam skenario kita, di mana karakter kita muncul dalam sosok yang lebih muda, maka kita harus menuliskan karakter tersebut sebagai karakter yang berbeda dengan karakter utama kita. Contoh: Taylor Swift (22/P) berbeda dengan Taylor Swift Remaja (15/P). Johnson (2015) menuliskan hal-hal penting yang biasa ia jabarkan di saat menulis mengenai karakter:

  1. Nama?
  2. Penampilan fisik?
  3. Backstory (latar belakang cerita karakter sebelum ceritanya di film dimulai)?
  4. Keadaannya saat ini (pekerjaan, pemasukan, lokasi geografis, kondisi tempat tinggal, orang-orang yang penting di kehidupannya)?
  5. Pandangan terhadap dunia?
  6. Sikap?
  7. Opini?
  8. Nilai-nilai yang dipegang?
  9. Kepercayaan?
  10. Kelemahan-kelemahannya?

Contoh Character Breakdown di dalam film The Hunger Games (Ross, 2012) bisa kita lihat di bawah ini:

Character Breakdown di film The Hunger Games
- Katniss Everdeen (16/P) adalah karakter utama protagonis yang berasal dari Distrik 12, sebuah distrik pertambangan batu bara yang merupakan distrik paling miskin dan paling padat penduduknya di negara Panem. Katniss menjadi seorang sukarelawan untuk menggantikan adiknya, Primrose Everdeen, setelah dia terpilih di hari pemungutan, hari di mana satu anak laki-laki dan satu anak perempuan berumur 12 hingga 18 tahun dari setiap distrik dipilih untuk bertarung sampai mati dalam pertarungan mematikan bernama The Hunger Games. Dia menggunakan pengetahuannya soal berburu dan memanah untuk bertahan hidup, dan dia bersama Peeta menjadi pemenang setelah menentang upaya Capitol untuk memaksa seseorang untuk membunuh yang lain.

- Peeta Mellark (16/L) adalah peserta laki-laki dari Distrik 12, bersama Primrose Everdeen (yang selanjutnya digantikan oleh kakaknya, Katniss Everdeen) untuk berpartisipasi dalam Hunger Games ke-74. Dia adalah putra seorang tukang roti, sangat pemalu tapi percaya diri, dan ia mengatakan dalam wawancara sebelum Hunger Games ke-74 dimulai bahwa ia telah jatuh cinta pada Katniss sejak hari pertama dia melihatnya. Hubungannya dengan Katniss tumbuh sepanjang cerita.

- Gale Hawthorne (18/L) adalah seorang remaja berumur 18 tahun dan merupakan teman berburu sekaligus teman terdekat Katniss Everdeen. Ayahnya tewas dalam ledakan tambang, sehingga ia terpaksa menjadi tulang punggung keluarga bagi ibu dan adik-adiknya.

- Presiden Coriolanus Snow (76/L) adalah karakter antagonis utama yang merupakan penguasa otokratis di Capitol dan semua distrik di Panem. Meskipun kelihatan santai, terbukti kalau dia itu seorang psikopat dan sangat sadis.

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih mendalam mengenai karakter yang ada di dalam skenario film yang akan kita tulis, kita bisa saja menambahkan detail-detail mengenai perjalanan hidup serta pandangan karakter tersebut. Di dalam sebuah workshop penulisan skenario yang saya ikuti beberapa tahun yang lalu, Tom Abrams, seorang penulis skenario kenamaan di Hollywood, membagikan daftar pertanyaan berikut yang bisa kamu gunakan untuk mengenal karaktermu lebih jauh lagi.

Pertanyaan-pertanyaan mengenai Karakter:

  • Apa pendapat dia mengenai ayahnya? Apa yang dia suka dan benci dari ayahnya? Bagaimana pengaruh ayah atas dirinya?
  • Bagaimana dengan ibunya? Apa pendapat dia atas ibunya? Apa yang dia suka dan benci dari ibunya? Menurut dia, bagaimana pengaruh ibu atas dirinya?
  • Saudara laki-lakinya? Saudara perempuannya? Apa yang dia suka dari mereka? Mengapa? Apa yang tidak dia suka dari mereka?
  • Cara disiplin seperti apakah yang diterapkan padanya di rumah? Keras? Luwes?
  • Apakah dia overprotected (dilindungi secara berlebihan – oleh keluarganya, orangtuanya)? Apakah dia pernah merasa ditolak atau diterima semasa kecilnya?
  • Apa status ekonomi keluarganya? Apakah ada situasisituasi yang tidak menguntungkan atau tidak menyenangkan?
  • Apakah ada perceraian, penyakit, alcoholism, dll (dalam kehidupannya)?
  • Pengaruh agama apa yang ada dalam keluarganya?
  • Bagaimana pendapatnya tentang agama itu sendiri?
  • Apakah dia cerdas, pandai atau lambat (dalam berpikir)?
  • Bagaimana prestasinya di sekolah? Apa tingkatan terakhir pendidikannya? Apa pendapatnya mengenai dirinya sendiri? Pandai? Cerdas? Kurang terpelajar? Bagaimana latar belakang pendidikan dan kecerdasannya bisa terlihat dari cara bicaranya, kosa katanya dan pelafalan katakatanya?
  • Apakah dia menyukai sekolah? Guru-gurunya? Teman-teman sekolahnya? Apa (kegiatan sekolah) yang paling menarik untuknya, di mana dia suka melibatkan diri? Bagaimana pandangan politiknya?
  • Apa pekerjaannya/nafkahnya? Apa pendapatnya mengenai profesinya sendiri? Sebagai “pekerjaan”? Sebagai “karir”? Apa yang dia suka dan tidak suka mengenai pekerjaannya?
  • Apakah dia senang berpergian (travel)? Ke mana? Mengapa? Apa yang dia temukan di sana dan apa yang masih dia ingat (mengenai perjalanannya, atau hal-hal yang dia temukan di sana)?
  • Apa kekecewaan terbesar dalam hidupnya?
  • Kejadian apakah, politik atau sosial – nasional atau internasional, yang pernah dia alami, yang paling meninggalkan kesan yang dalam untuknya?
  • Bagaimana kelakuannya? Pahlawan seperti apakah yang dia puja? Tokoh seperti apakah yang dia benci?
  • Siapa teman-temannya? Para kekasihnya? Apa tipe pasangan hidup idealnya? Apa yang dia cari dari pasangan hidupnya? Apa pandangannya dan perasaannya mengenai sex?
  • Kelompok dan kegiatan sosial seperti apakah yang dia ikuti? Peran apakah (di masyarakat) yang dia ingin lakoni? Peran apakah yang sebenarnya ia lakoni, biasanya?
  • Apa hobby dan kesenangannya? Apa yang ia lakukan untuk bersenang-senang?
  • Seperti apakah rumahnya? Seleranya? Pakaiannya? Perabotannya? Rambutnya? Berewok? Kumis? Makeup? Bagaimana dia tercermin dalam penampilannya? Bagaimana caranya berpakaian? Gayanya? Kualitasnya?
  • Siapa sahabatnya? Bagaimana mereka berhubungan/bertemu? Mengapa dan bagaimana dia memutuskan untuk bersahabat (dengan orang ini)?
  • Peran apa yang dia lakoni di rumah? Peran apa yang sebenarnya ingin dia lakoni?
  • Apakah dia mempunyai anak-anak? Bagaimana perasaannya mengenai perannya sebagai orangtua? Bagaimana pendapatnya mengenai anak-anaknya? Bagaimana ambisinya (mengenai anak-anaknya)? Bagaimana hubungan anak-anaknya dengan dia?
  • Bagaimana cara dia menangai situasi-situasi sulit? Dengan bertahan? Dengan agresif? Dengan mengelak?
  • Apakah dia “minum”? Atau ‘ngobat’? Apakah dia merasa dirinya paling benar? Apakah dia seorang pendendam? Apakah dia suka merasionalisasi kesalahannya? Bagaimana caranya menerima musibah dan kegagalan? Apakah dia menikmati penderitaan? Apakah dia menikmati penderitaan orang lain? Apakah dia seorang yang manipulatif? Apakah dia suka melepas tanggungjawabnya?
  • Bagaimana imajinasinya? Apakah dia sering melamun dan berangan-angan? Apakah dia sering merasa khawatir? Apakah dia ‘hidup di masa lalu’?
  • Apakah dia biasa berpandangan negative terhadap hal-hal yang baru? Curiga? Menyerang? Takut? Bersemangat? Apa yang sering ia ejek? Hal-hal apa yang menurutnya bodoh? Bagaimana selera humornya? Apakah ia menyadari dirinya sendiri? Kekurangan-kekurangannya? Kebiasaan-kebiasaannya yang unik dan aneh? Apakah dia mampu melihat sisi ironis dari dirinya sendiri?
  • Apa yang paling dia inginkan? Hal apa yang amat dia perlukan? Bahkan secara kompulsif? Apa yang rela ia lakukan atau korbankan untuk mendapatkan apa yang dia inginkan?
  • Seberapa besar keinginannya untuk mencapai hal yang menjadi tujuan hidupnya? Bagaimana cara dia untuk mengejar cita-citanya tersebut?
  • Apakah dia tinggi? Pendek? Berapa beratnya? Bagaimana perasaannya mengenai ukuran badannya, berat badannya? Bagaimana postur tubuhnya? Bagaimana caranya berjalan? Apakah dia ingin menunjukan bahwa dirinya adalah seorang yang lebih muda, lebih tua, lebih penting? Apakah dia ingin dilihat orang, atau malah menjadi sosok yang tidak terlihat?
  • Apa yang menjadi kebiasaan tindak tanduknya secara fisik? Bugar? Lemah? Teratur? Serampangan? Apakah dia bersemangat atau lamban?
  • Bagaimana dengan suaranya? Lengkingan suranya? Kekuatan suaranya? Kecepatan dan irama bicaranya? Lafalnya? Aksennya?
  • Apakah kamu menyukainya? Membencinya? Mengapa kamu perlu menulis tentang dia? Mengapa orang lain perlu mengenalnya?
Yang perlu diingat, di saat menciptakan tokoh-tokoh yang akan berperan di dalam skenario kita, kita dapat menggunakan rumus yang dinamakan dengan The Clash of Characters atau tabrakan karakteristik antar karakter. Yang dapat kita lakukan adalah menciptakan karakter-karakter dengan karakteristik yang saling bertolak belakang sehingga di saat mereka bertemu, perbedaan mereka akan menjadi potensi terciptanya konflik. Contohnya saja di film The Fault in Our Stars (Boone, 2014), karakter Hazel yang depresif bertemu dengan Augustus yang ceria dan selalu menentang kehidupan. Setelah melewati konflik di awal pertemuan mereka, kedua tokoh ini menemukan kualitas satu sama lain yang tidak mereka miliki di diri mereka yang akhirnya membuat mereka jatuh cinta. Namun perbedaan inilah yang akhirnya membuat kualitas cinta mereka terus-menerus diuji di sepanjang film.
 
d. 3 - Dimensional Character
Untuk dapat menciptakan karakter yang ‘hidup’, kita harus bisa menciptakan karakter yang memiliki tiga dimensi. Seperti setiap objek di dunia ini yang memiliki tiga dimensi: tinggi (y), panjang (x), dan lebar (z); manusia pun memiliki unsur tambahan tiga dimensi: fisiologi, psikologi, dan sosiologi. Tanpa pengetahuan atas tiga dimensi ini, penulis skenario tidak dapat menilai karakter manusia pada umumnya (Egri, 1960). Mari kita lihat masing-masing dari ketiga dimensi tersebut:

a) Fisiologi
Dimensi yang pertama adalah fisiologi. Aspek fisiologi dapat dilihat berdasarkan keadaan fisik karakter. Keadaan fisik setiap orang dapat mempengaruhi cara pandang seseorang. Si buta, si tuli, si cantik, si tinggi, si pendek, memandang segala hal berbeda dari yang lainnya. Seseorang yang sedang sakit, akan melihat kesehatan adalah kebutuhan yang paling penting, sedangkan orang tanpa gangguan kesehatan akan meremehkan kesehatan, itupun jika ia memikirkannya.

Penampilan fisik seseorang dianggap dapat menggambarkan warna dari hidup seseorang. Penampilan fisik mempengaruhi manusia tanpa henti dalam pengembangan mental yang berfungsi sebagai dasar kepribadian inferiority (rendah diri) dan superiority (sombong). Inilah hal yang paling jelas dari set pertama dimensi seseorang. Berikut adalah aspek-aspek yang termasuk kedalam fisiologi: 1) Jenis kelamin; 2) Umur; 3) Tinggi badan dan berat badan; 4) Warna mata, kulit, rambut; 5) Postur tubuh; 6) Penampilan: berpenampilan menarik, kelebihan atau kekurangan berat badan, bersih, bentuk kepala, wajah, dan anggota tubuh lainnya; 7) Kekurangan fisik: Abnormal, tanda lahir, penyakit; 8) Keturunan.

b) Sosiologi
Sosiologi adalah hal kedua dari tiga dimensi karakter yang harus dipelajari. Orang-orang yang terlahir di lingkungan pinggiran kota yang kotor, akan memiliki pola pikir dan reaksi yang berbeda dibanding orang-orang yang terlahir dari lingkungan yang serba bersih dan teratur. Secara sederhana, sosiologi menganalisa karakter seseorang melalui lingkungan tempat ia lahir dan dibesarkan, juga bagaimana orang-orang di sekitarnya memperlakukannya.

Unsur yang termasuk kedalam dimensi sosiologi adalah: 1) Kelas sosial: Bawah, menengah, atas; 2) Pekerjaan: Jenis pekerjaan, jam kerja, penghasilan, kondisi pekerjaan, serikat atau tidak berserikat, perilaku di organisasi, kecocokan dengan pekerjan; 3) Pendidikan: jumlah biaya pendidikan, jenis sekolah, nilai, pelajaran favorit, pelajaran yang dibenci, bakat; 4) Kehidupan di rumah: orang tua yang masih hidup, kekuasaan, yatim piatu, orang tua berpisah atau bercerai, kebiasaan orang tua, pengembangan mental orang tua, kejahatan orang tua, pengabaian, status perkawinan; 5) Agama; 6) Ras, kebangsaan; 7) Posisi di komunitas: Pemimpin diantara teman, berkelompok, berolahraga; 8) Keanggotaan secara politik; 9) Kesenangan, hobi: buku, koran, majalah.

c) Psikologi
Psikologi adalah hasil dari gabungan dua dimensi yang lain, fisiologi dan sosiologi. Kombinasi ini melahirkan ambisi dalam hidup, rasa frustasi, watak, tingkah laku, dan kepribadian. Yang termasuk kedalam aspek psikologi adalah: 1) Kehidupan seksual, standar moral; 2) Alasan personal, ambisi; 3) Frustrasi, kekecewaan; 4) Watak: koleris, easygoing, pesimistis, optimistis; 5) Perilaku terhadap hidup: pengunduran diri, militan, pengalah; 6) Complexes: Obesesi, kekangan, takhyul, fobia; 7) Extrovert, introvert, ambivert; 8) Kemampuan: bahasa, talenta; 9) Kualitas: imajinasi, penilaian, selera; 10) IQ.


Sumber: Buku Menulis Cerita Film Pendek: Sebuah Modul Workshop Penulisan Skenario Tingkat Dasar.
Pusat Pengembangan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.
Tim Penyusun: Perdana Kartawiyudha (koordinator), Baskoro Adi Wuryanto, Damas Cendekia, Melody Muchransyah, dan Rahabi Mandra.