Cara Mudah Menambah Partisi Windows

Pernah mencoba menambah partisi pada komputer Anda tanpa menginstal ulang? Kalau ada yang bertanya, bisakah? Jawabannya, bisa. Caranya sangat singkat dan tidak membutuhkan waktu yang lama dibanding jika Anda menginstal ulang.

Pertama, Anda harus memiliki software bernama EAZEUS PARTITION MANAGER HOME EDITION. Silahkan download dulu di sini atau di sini. Kalau sudah, silahkan diinstal dulu ya!

Sekarang buka aplikasi EAZEUS PARTITION MANAGER HOME EDITION. Di sana akan terlihat nama partisi, jumlah size tiap partisi, used, dan unused. Untuk membuat partisi baru, terlebih dahulu harus ada Disk yang unlocated/tidak terpakai. Caranya, klik kanan pada Disk D tempat penyimpanan data-data Anda. Kemudian klik Resize/Move. Tidak perlu takut karena data Anda tidak akan hilang. Perhatikan gambarnya.


Kalau sudah, akan terlihat seperti gambar di bawah.


Silahkan masukkan jumlah pada Partition Size (lihat gambarnya) sehingga jumlah partisi terbagi menjadi dua. Misalnya, ukuran partisinya 129516.2 MB kita bagi dua menjadi kira-kira sekitar 70000 MB. Artinya, jumlah partisi Anda di D akan menjadi 70 GB. Ingat, jangan mengubah angka yang lain.

Kalau sudah, sekarang klik OK. Partisi penyimpanan data sudah terbagi menjadi dua. Selanjutnya, silahkan klik kanan Unlocated patrisi yang tidak terpakai, klik Created Partition. Isi Partition Label dengan nama sesuai keinginan Anda. Setelah itu, klik OK. Perhatikan gambar di bawah.


Langkah terakhir adalah menerapkan perubahan yang telah kita buat. Klik Apply. Seteleh muncul box seperti gambar di bawah, klik Yes, lalu klik OK untuk restart komputer Anda.


Selesai! Kini Anda sudah berhasil membuat partisi tanpa instal ulang pada komputer Anda. Silahkan tunggu saja sampai proses perubahan setting selesai. Gampang kan? Kalau ada yang kurang jelas, tinggalkan komentar. Sampai di sini saja tutorialnya.

Selamat belajar dan jangan lupa komentarnya ya!