Mencari File yang Tersembunyi/Hidden

Saya ingin berbagi pengetahuan untuk Anda yang belum mengetahui Tips Komputer yang saya dapat dari pengalaman selama memiliki komputer. Postingan kali ini akan membahas tentang cara melihat file yang tersembunyi/terhidden.

Adakalanya, beberapa file yang ada di PC Anda tiba-tiba menghilang atau terhidden oleh virus. Virus saat ini yang paling sering muncul adalah virus shortcut, smadav85, waver band, dan recycler. Virus ini memang tidak berbahaya, tapi akan membuat kita pusing jika kasusnya seperti yang saya sebutkan tadi.

Demikian juga pada FLASHDISC, virus ini sering juga muncul dan akan cepat menyebar ke dalam komputer Anda jika tidak langsung diatasi. Virus ini secara otomatis akan meng-hidden file dan folder yang ada di dalamnya dan menggantinya dengan shortcut.

Kadang ada yang mengira kalau data yang ada di dalam FD tersebut hilang atau terhapus padahal sebenarnya tidak demikian. Hanya saja disembunyikan/terhidden oleh virus. Yang saya tahu kalau sudah terlalu lama virus ini hidup, komputer Anda terkadang akan menjadi lambat loading atau juga akan mempengaruhi Windows Anda.

Nah, saya akan berbagi tips dan solusi jika Anda mengalami hal ini. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Silahkan buka explore dengan mengklik kanan tombol Star.
  2. Pilih menu Tools pada bagian atas kiri Explore.
  3. Klik Folder Option dan akan terbuka seperti gambar di bawah.
  4. Klik View dan hilangkan tanda Centang seperti yang saya tandai pada gambar di atas.
  5. Jika muncul pesan seperti gambar di bawah, klik saja Yes lalu klik OK.
  6. Selesai. Silahkan lihat pada lokasi file Anda yang tersembunyi.

Itulah caranya. Kalau mau yang lebih simpel lagi, langsung saja Scan menggunakan Anti Virus SMADAV lalu klik Fix All. File yang terhidden akan segera Muncul.

Selamat mencoba.