Menambah Menu Copy To & Move To pada Klik Kanan Windows


Selamat bertemu kembali. Tips ini terbilang sudah sangat lama, namun tidak semua orang mengetahuinya. Jadi, saya ingin membagi pengetahuan saya kepada yang belum tahu. Bagi yang sudah tahu, mohon kritikannya jika terdapat kekeliruan.

Saya mulai dengan sedikit pengantar....!!! Saat ingin menyalin (copy) atau memindahkan (cut/move) sebuah file ke dalam folder lain, maka kita harus membuka jendela di mana file tersebut terletak kemudian kita membuka folder yang menjadi tujuan dimana folder tersebut ingin disimpan. Misalnya, kita ingin memindahkah file atau folder dari My Documents ke tempat penyimpanan data (partisi D atau E). Terlebih dahulu kita harus membuka My Documents dan mencopy/men-cut file atau folder yang ingin dipindahkan, lalu kita membuka tempat tujuannya (partisi D atau E). Jika tujuan file tersebut ke My Documents, tentu saja akan sangat mudah. Kita hanya menggunakan Send To. Begitupun jika ingin mendahkan file ke Desktop, tetapi Send To ke Desktop ini berupa shortcut saja.

Yang membuat repot adalah ketika kita ingin memindahkan file/folder dari satu tempat (misalnya dari My Documents) ke banyak tempat dalam penyimpanan data. Tentu saja akan sedikit membuat kita kewalahan berpindah dari jendela explorer yang satu ke yang lainnya. Pada tulisan ini, saya akan memberikan bagaimana cara mengaktifkan fungsi Send To dan Move To seperti yang terdapat pada Windows 7, meski tidak semua Windows 7 mengaktifkan fungsi ini. Fungsi Send To dan Move To akan memudahkan kita memindahkan dan menyalin data dari satu tempat ke banyak tujuan. Kita hanya melakukan browse folder tujuan dari kotak box.


Silahkan ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buka RUN pada menu Start lalu ketik regedit kemudian tekan Enter atau OK. Jendela Registry Editor akan terbuka. (jika Registry Editor tidak terbuka, hal ini mungkin disebabkan karena dikunci oleh admin atau mungkin komputer Anda terinfeksi virus).
  2. Pada jendela Registry Editor, klik ganda HKEY_CLASSES_ROOT\
    AllFilesystemObjects\
    shellex\
    ContextMenuHandlers
  3. Klik kanan ContextMenuHandlers, pilih New, lalu klik Key.

  4. Beri nama Copy To. Pada jendela sebelah kanan, klik ganda Default lalu isikan nilai Value Data dengan angka di bawah.

    {C2FBB630-2971-11d1-A18C-00C04FD75D13}

  5. Selanjutnya, ulangi langkah 3 dan beri nama Move To.
  6. Untuk nilai Value Data pada key Default, isi dengan angka berikut.

    {C2FBB631-2971-11d1-A18C-00C04FD75D13}

  7. Restart komputer Anda dan lihat hasilnya dengan mencoba menyalin sebuah file.

Itulah langkah mengaktifkan fungsi Send To dan Move To pada windows XP. Mudah kan? Bagi yang menggunakan Windows 7 dan fungsi ini tidak aktif, bisa mengikuti langkah-langkah di atas untuk mengaktifkannya.

Selamat belajar dan jangan lupa komentarnya ya!!!

2 comments on Blogger: