Menambah Informasi pada System Properties Komputer

Memodifikasi komputer ataupun laptop Anda biasa menjadi pekerjaan tersendiri bagi para pemiliknya. Mulai dari tampilan hingga yang lainnya. Bagi yang suka memodifikasi tampilan pada komputer, berikut ini ada tips untuk menambahkan foto dan kata-kata sendiri pada system property komputer. System properties bisa dibuka dengan cara klik kanan pada My Computer lalu pilih properties. Bisa juga dibuka melalui CONTROL PANEL kemudian klik ganda System. Pada system properties ini bisa kita gunakan untuk mengatur performa komputer atau mengatur system restore, automatic update windows, dan masih banyak lagi.

Sekarang kita mencoba menambahkan gambar dan teks di system property pada tab GENERAL di komputer. Pada tab GENERAL ini bisa diketahui informasi mengenai komputer kita, yaitu operating system, besarnya spek, processor, besarnya RAM. Pada computer, tampilan tersebut merupakan informasi standart yang isinya adalah informasi yang itu-itu saja. Lihat gambar di atas.

Pertama yang harus kita lakukan adalah membuat gambar berformat bmp dan maksimal berukuran 180 x 114 pixel. Untuk merubah format gambar menjadi bmp silahkan pake aplikasi desain gambar seperti photoshop atau aplikasi lain yang Anda kuasai. Gambar yang dibuat tadi diberi nama: oemlogo.bmp. Misalnya saya pake gambar berikut.

Sekarang kita sudah punya bahan gambar untuk ditampilkan di system properties. Untuk membuat teks (informasi) tambahan pada system properties, yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

* Buka program notepad kemudian ketik teks berikut:
[General]
Manufacturer=Laptop milik I@n_Ri$m@
Model=Tho Konjo

[Support Information]
Line1="IAN RISMA"
Line2="9 Maret, 2008"
Line3="" Line4=" I_lalang yg menari ats namamu "
Line5=”A_kan slalu menari dn b'xnyi u/mu”
Line6=“N_yanyian mentari kan slalu kubingkiskan u/mu”
Line7=“”
Line8=“R_angkul, dekap dalam ragamu yg putih, dan”
Line9=“I_zinkan fajar menyapa di balik jendela kamarmu”
Line10=“S_ampaikan pada senja "kau tak kan sepi"”
Line11=“M_eski bianglala tak menyulam kata u/mu, tp”
Line12=“A_ku akan merangkai warna dlm hatimu.”
Line13=””
Line14=”By k2”

* Anda bisa mengganti tulisan miring dengan kata-kata Anda sendiri.
* Anda juga bisa menambahkan baris baru dengan membuat line15, line16, dst.
* Kemudian simpan file tersebut. Caranya (lihat gambar di bawahnya):
  • pada tab file name beri nama oeminfo.ini
  • Pada save as type pilih all files



Kita sudah memiliki kedua bahan yang dibutuhkan, yaitu gambar dan teks. Untuk memunculkan gambar dan teks tersebut pada system properties, kita hanya dengan meng-copy kedua file tersebut (oemlogo.bmp dan oeminfo.ini) ke C:\WINDOWS\system32. Selesai, tinggal RESTART komputer Anda dan coba lihat hasilnya. Tampilannya kurang lebih seperti gambar berikut:

Kalau support information di klik akan muncul teks yang tadi Anda buat. Kira-kira seperti gambar di bawah ini.

Selamat belajar dan sukses selalu. Jangan lupa komentarnya ya!!!